Pandangan Jurnalis Secara Implisit

Jurnalis mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Namun kemudian jurnalis dilihat dalam pengertian yang sempit juga disebut publikasi secara cetak. Dengan demikian peran media yang dipergunakan sebagai sumber berita meliputi media cetak dan electronic yang akhir-akhir ini  berkembang secara cepat

Sikap yang harus diperhatikan sebagai jurnalis adalah :

1. Skeptis. Sikap yang selalu menanyakan segala sesuatu, meragukan apa yang diterima dan mewaspadai segala kepastian agar tidak mudah tertipu.
2. Action.  Sebagai jurnalis tidaklah menunggu sampai peristiwa itu muncul, namun dengan cerdas akan mencari dan mengamati dengan ketajaman naluri sebagai seorang wartawan.
3. Mengikuti Perubahan. Perubahan merupakan hukum utama jurnalistik, media bukan lagi sebagai penyalur informasi, akan tetapi bisa juga sebagai fasilitator, penyaring dan pemberi makna sebuah informasi.
4. Seni dan profesi. Wartawan melihat dengan ketajaman mata yang segar pada suatu peristiwa untuk menatap aspek-aspek yang unik (perlu kejelian dalam menghadapi suatu kasus)
5. Peran pers. Pers sebagai pelapor sumber berita, bertindak sebagai mata dan telinga publik, melaporkan peristiwa-peristiwa di luar pengetahuan masyarakat, bersikap netral,dan tanpa prasangka selain itu pers harus berperan sebagai wakil publik, peran dan pembuat kebijaksanaan dan advokasi.